z

Jumat, 15 Juli 2016

Berlatih Berpidato Tanpa Teks

Berpidato Tanpa Teks

Kemampuan khusus yang harus dilatih adalah:
menentukan tema pembicaraan yang akan disampaikan dalam      pidato;
mencatat pokok-pokok pembicaraan yang akan disampaikan      dalam pidato; dan
menyampaikan pidato tanpa teks dengan lafal, intonasi, nada,     dan sikap yang tepat.
Penampilan seorang pembicara ketika sedang berpidato menjadi pusat perhatian pendengar. Semua yang ada pada pembicara semuanya diperhatikan, mulai dari pakaian, potongan rambut, sampai caranya berjalan menuju podium. Bahkan cara berdirinya pun tidak luput dari pengamatan pendengar.
Pandangan mata harus dilakukan secara merata menjangkau semua pendengar baik yang di depan maupun yang di belakang, baik yang di sebelah kiri maupun yang di sebelah kanan, pandangan yang merata itu sebaiknya harus disertai dengan senyum ceria yang ikhlas. Gunanya adalah agar semua pendengar merasa diajak bicara.
Agar kegiatan pidato yang dilakukan menarik hati dan perhatian pendengar, seorang pembicara harus mampu memilih metode pidato yang baik.
Berpidato tanpa teks dapat dilakukan melalui dua cara, yakni dengan menghafal naskah pidato (memoriter) terlebih dahulu atau hanya menuliskan topik-topik pokoknya yang dijabarkan dalam kerangka (ekstemporan). Berpidato dengan cara menghafal hanya bisa dilakukan kalau naskahnya pendek. Hal ini dapat dipahami karena kemampuan manusia untuk menghafalkan naskah sangat terbatas. Berpidato dengan menghafalkan naskah sebenarnya bertentangan dengan kebiasaan sehari hari.
Oleh karena itu, bila sudah sangat terpaksa, berpidato dengan cara menghafalkan naskah harus kita hindari. Lebih baik naskah pidato kita baca berulang-ulang saja (tidak perlu dihafalkan). Artinya, kalimatkalimatnya tidak perlu sama dengan naskah tetapi isinya sama. Pidato jenis ini yaitu dengan cara menuliskan pesan pidato kemudian diingat kata demi kata. Seperti manuskrip, memoriter memungkinkan ungkapan yang tepat, organisasi berencana, pemilihan bahasa yang teliti, gerak dan isyarat yang diintegrasikan dengan uraian. Tetapi karena pesan sudah tepat, maka tidak terjalin saling hubungan antara pesan dengan pendengar, kurang langsung, memerlukan banyak waktu dalam persiapan, kurang spontan, perhatian beralih dari kata-kata kepada usaha mengingatingat. Bahaya besar timbul bila satu kata atau lebih hilang dari ingatan.
Teknik menghafal (memoriter) mempunyai keunggulan dan kelemahan. Keunggulannya antara lain:
lancar kalau benar-benar hafal;
tidak ada yang salah kalau benar-benar hafal; dan
mata pembicara dapat memandang pendengar.
 Kelemahan teknik menghafal antara lain:
pembicara cenderung berbicara cepat tanpa penghayatan;
tidak dapat menyesuaikan dengan situasi dan reaksi pendengar; dan
kalau lupa, pidatonya gagal total.
Teknik lain yang dapat digunakan adalah dengan cara membuat catatan garis besar pidato dan menjabarkannya ke dalam kerangka (ekstemporan). Berpidato dengan cara ini sangat dianjurkan karena sifatnya sangat fleksibel. Pembicara dituntun oleh kerangka yang dibuatnya.
Kerangka itu dikembangkan secara langsung dan dilihat saat diperlukan saja. Pembicara juga bebas menyesuaikan dengan reaksi dan situasi pendengar. Kalau kerangka pidato yang dibuat sudah dapat diingat pembicara dapat tampil tanpa membawa secarik kertas. Hal ini tentu lebih baik lagi, karena pembicara lebih konsentrasi meningkatkan kualitas pidatonya agar lebih menarik.
Pidato dengan teknik ekstemporan mempunyai keunggulan dan kelemahan. Keunggulannya antara lain:
pokok-pokok isi pidato tak ada yang terlupakan;
penyampaian isi pidato runtut;
kemungkinan salah dan lupa kecil; dan
interaksi dengan pendengar sangat komunikatif.
Kelemahannya antara lain:
tangan cenderung kurang bebas bergerak karena memegang kertas jika tidak hafal;
terkesan kurang siap karena sering melihat catatan jika tidak hafal;
pemakaian bahasa kurang baik.
Setiap teknik berpidato mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk itu, setiap orang mungkin berbeda pilihannya dengan yang lain karena sangat bergantung pada kesiapan dan kemahiran dalam mempraktikkannya. Untuk meningkatkan keterampilan berpidato tanpa teks, pada pelajaran ini kamu akan berlatih dengan menggunakan teknik ekstemporan yakni hanya menuliskan garis besar pembicaraan.
Perhatikan langkah-langkah berikut.
1. Menentukan Tema
Tentukanlah tema pembicaraan yang akan kamu sampaikan dalam pidato. Tema yang dipilih merupakan masalah yang aktual dan factual serta mampu menarik perhatian peserta pidato.
2. Mencatat Pokok-pokok Pidato
Catatlah pokok-pokok pembicaraan yang akan disampaikan dalam pidato secara runtut, utuh, dan jelas.
3. Menyampaikan Pidato
Sekarang pikirkanlah bagaimana kamu akan menyampaikan pidato!
Pikirkan bagaimana kamu akan membuka pembicaraan saat pidato, menyampaikan pidato, dan menutup pembicaraan dalam pidato!
Penyampaian pidato hendaknya sistematis serta menggunakan bahasa yang baik dan komunikatif. Ada beberapa cara yang dapat dipilih untuk membuka pidato, menyampaikan isi pidato, dan menutup pembicaraan dalam pidato.
Perhatikan uraian berikut ini!
a. Cara membuka pidato
Pembukaan pidato diucapkan setelah pembicara menyampaikan salam dan sapaan kepada pendengar. Yang dilakukan pembicara adalah mengucapkan salam dan menyapa pendengar dengan sapaan yang tulus, ramah, dan bersahabat. Sapaan yang lazim digunakan antara lain: Bapak dan Ibu yang saya hormati, Saudara-saudara yang saya banggakan atau sapaan-sapaan lainnya. Jumlah yang disapa jangan terlalu banyak. Satu, dua, atau tiga sudah cukup. Kalau terlalu banyak, bisa menimbulkan kebosanan. Apalagi kalau pembicara tampil berpidato pada giliran terakhir, sedangkan pembicara-pembicara sebelumnya sudah menyebutkan sapaan sapaan yang sama.
Dalam setiap komunikasi peranan pembuka sangat penting. Lancar tidaknya komunikasi banyak ditentukan oleh pembuka. Demikian pula dalam berpidato. Pembuka pidato yang jelek dapat menimbulkan kesan permusuhan yang menghambat kelancaran komunikasi. Sebaliknya, pembuka yang menyenangkan inilah yang mendukung kelancaran berpidato sehingga tujuan pidato mudah dicapai.
Terdapat beberapa kiat membuka pidato, diantaranya denganmenyampaikan hal-hal berikut.
Mengucapkan rasa syukur
Menceritakan pengalaman
Menebar humor
Memperkenalkan diri
Menyampaikan gambaran umum
Menyebutkan fakta pendengar
Menyebutkan contoh nyata
Menyampaikan kutipan
Melibatkan peserta
Menunjukan benda peraga
b. Cara menguraikan isi pidato
Pembicara dapat menyampaikan isi pidatonya dengan memerhatikan hal-hal berikut.
Tujuan pidato, apakah tujuannya untuk memberitahukan, menghibur, atau mengajak.
Suasana dan situasi pidato, resmi atau tidak resmi.
Pendekatan yang digunakan, apakah menggunakan pendekatan intelektual, moral, atau emosional.
 Jika menggunakan pendekatan intelektual, pembicara harus mengutamakan penalaran. Berbagai alasan, bukti, dan contoh sangat diperlukan dalam menguraikan isi pidato. Jika menggunakan pendekatan moral, pembicara lebihmengutamakan masalah moral dan keagamaan. Jika menggunakan pendekatan emosional, pembicara harus lebih mengutamakan emosi dapat menyentuh masalah semangatnya, kebutuhannya, lingkungannya, keramahannya, atau yang lainya, mereka mudah terhanyut dan mudah menerima isi pidato.
Berdasarkan uraian di atas, pembicara sangat bijaksana kalau melihat, mengamati, dan menganalisis tujuan, situasi, dan pendekatan yang akan digunakan sebelum berpidato.
C. Cara menutup pidato
Ada tiga kesalahan besar yang sering dilakukan pembicara dalam menutup pidato. Pertama, pembicara tidak tahu persis di mana harus berhenti. Kedua, ada pembicara yang sebenarnya ingin mengakhiri pidatonya, tetapi sulit berhenti deperti kendaraan tanpa rem. Ia berbicara apa saja, berputarputar tak menentu. Ketiga, kesalahan yang paling besar seakan tak bermanfaat, pembicara menutup pidato dengan mengucapkan kalimat seperti berikut: Demikianlah yang bisa saya katakan pada kesempatan ini. Karena apa yang akan saya katakan sudah saya katakan semuanya, maka saya tidak akan memperpanjang lagi pidato saya. Karena itu saya akhiri sekian. Penutupan pidato seperti itu tidak bermakna apa-apa.
Cara-cara menutup pidato berikut ini dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan atau situai dan kondisi.
Menyingkat atau menyimpulkan.
Memuji pendengar.
Menyampaikan kalimat-kalimat lucu.
Meminta pendengar untuk bertindak.
Menyampaikan ungkapan terkenal.
Melantunkan pantun.
Pilihlah cara manakah yang akandigunakan untuk membuka, menyampaikan, dan menutup pidato.
3

Tidak ada komentar: