z

Jumat, 15 Juli 2016

Menaggapi Isi Pembicaraan Dalam Diskusi

MENANGGAPI ISI PEMBICARAAN DALAM DISKUSI
          Contoh tanggapan yang bersifat setuju terhadap pemicaraan orang lain:

  1. Saya setuju dengan pendapat Anda karena ….
  2. Saya sependapat dengan Anda karena data yang Anda berikan sangat akurat.
  3. Pikiran saya sejalan dengan pikiran Anda karena …
  4. Pendapat Anda memang benar karena kenyataannya memang begitu.
  5. Saya sangat setuju dengan pendapat Anda karena …
 Tanggapan menolak pendapat orang lain.
            Kalau kita menolak pendapat orang lain maka bahasa yang digunakan harus :
  1. Santun, tidak menimbulkan emosi orang yang ditanggapi pendapatnya.
  2. Tanggapan yang disampaikan tidak bersifat memojokkan
  3. Tidak bersifat emosional
  4. Jauhkan dengan kepentingan pribadi
  5. Tidak mbersifat memfonis bersalah.
Contoh tanggapan yang bersifat menolak pendapat orang lain :
1.      Saya kurang sependapat dengan Anda karena pendapat Anda terlalu jauh dari kenyataan.
2.      Pikiran saya kurang sejalan dengan pendapat Anda karena …
3.      Saya kurang setuju dengan pendapat Anda karena …
4.      Pendapat Anda belum bisa saya terima karena …
5.      Pendapat Anda memang ada benarnya, tetapi masih belum dapat meyakinkan orang
 lain karena tidak didukung dengan bukti yang akurat.
6.      Ada baik pendapat yang Anda sampaikan harus didukung dengan bukti-bukti yang akurat.
7.      Ada baiknya anda harus mengoreksi kembali pernyataan yang telah disampaikan karena
kenyataannya tidak seperti itu. Dan seterusnya.
8.      Pendapat yang Anda sampaikan ada baiknya dibuktikan dulu kebenarannya …

Tidak ada komentar: