z

Sabtu, 11 Juni 2016

Menanggapi Isi Berita dan Nonberita



Menanggapi Isi Berita dan Nonberita

Tujuan Pembelajaran
Pada subbab ini, Anda akan menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita). Setelah mempelajari subbab ini, Anda diharapkan dapat (1) menyampaikan ringkasan berita dan nonberita dalam forum diskusi; (2) Menanggapi siaran atau informasi berita dan nonberita dalam forum diskusi.

            Anda sering mendengarkan siaran atau informasi dari media elektronik seperti radio, televisi, atau internet? Sebagai salah satu sumber informasi, siaran media elektronik memberikan multimanfaat bagi kehidupan. Tidak hanya siaran berita, siaran nonberita pun penting untuk didengarkan. Siaran nonberita dapat berbentuk sebuah perbincangan, wawancara dengan tokoh tertentu, tipstips menarik, dan masih banyak lagi. Untuk melatih kemampuan Anda dalam menyampaikan ringkasan siaran atau informasi dan memberikan tanggapan terhadap siaran atau informasi itu dalam forum diskusi, kerjakan latihan berikut.

            Pada pelajaran ini, Anda akan diajak menanggapi siaran atau informasi dari media elektronik (berita dan nonberita). Sebelum memberikan tanggapan Anda harus membuat ringkasan informasi tersebut untuk disampaikan pada teman-teman lainnya.

             Untuk membuat ringkasan siaran atau informasi yang berupa berita, Anda harus menemukan pokok-pokok isi berita tersebut. Pokok-pokok isi berita dapat Anda temukan dengan menggunakan 6 pertanyaan pokok (rumus 5 W + 1 H), yakni who (siapa), where (di mana), why (mengapa), what (apa), when (kapan), dan how (bagaimana) sebagai acuan. Keenam pertanyaan tersebut biasanya ditempatkan di bagian awal teks berita. Bagian awal berita ini juga sering disebut lead. Lead memaparkan klimaks kejadian secara ringkas, lengkap, dan jelas.

            Bagaimana membuat ringkasan siaran berita atau informasi berupa teks nonberita? Jika Anda akan meringkas isi berita, Anda dapat menggunakan 6 pertanyaan pada lead berita, sedangkan untuk ringkasan nonberita Anda harus menemukan gagasan-gagasan utama dari teks nonberita tersebut. Berikut ini contoh membuat ringkasan teks berita.

Sumber: kompas cyber media
Antrean truk menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak Sepuluh hari menjalang Lebaran, Sabtu (15/11), Pelabuhan Penyeberangan Merak mulai dipadati truk-truk yang mengangkut barang nonsembilan bahan pokok. Tingginya arus truk dalam dua hari terakhir berkaitan dengan adanya larangan melintas bagi truk nonsembilan bahan pokok (sembako) pada 21-25 November. Larangan itu berlaku bagi truk bersumbu lebih dari dua, truk gandengan, truk tempelan, dan truk kontainer. Penumpukan truk di Pelabuhan Merak kemarin menyebabkan antrean truk sekitar 100 meter dari pintu masuk kapal. Antrean terjadi di dermaga satu hingga dermaga empat, tetapi masih dalam batas normal dan belum membeludak ke luar area parkir pelabuhan. Meskipun demikian, akibat penumpukan itu, beberapa sopir truk mengaku harus menunggu sekitar dua hingga empat hari untuk bisa masuk kapal.

Sumber: Kompas, 16 November 2003 dengan perubahan Teks Truk Padati Pelabuhan Merak

Berdasarkan teks berita di atas, berikut analisis pokok-pokok beritanya.

Unsur-unsur Berita
1. Peristiwa apa?
2. Siapa yang mengalami peristiwa itu?
3. Di mana peristiwa itu terjadi?
4. Kapan peristiwa itu terjadi?
5. Mengapa peristiwa itu terjadi?
6. Bagaimana keadaan/akibat-akibatnya?

Uraian
1. Padatnya Pelabuhan Merak
2. Truk-truk pengangkut barang nonsembako
3. Di Pelabuhan Penyeberangan Merak
4. Sepuluh hari menjelang Lebaran
5. Adanya larangan melintas bagi truk  nonsembako pada 21-25 November
6. Menyebabkan antrean truk di pintu masuk kapal

Tidak ada komentar: